Kamis, 27 Januari 2011

Targetkan Pertumbuhan Kredit Perbankan Capai 30%

Tahun Ini Ditargetkan Pertumbuhan Kredit Perbankan Capai 30%
Tya Eka Yulianti

Bandung - Pemimpin Bank Indonesia Bandung Lucky Fathul menyatakan akan mendorong perbankan Jawa Barat untuk meningkatkan pembiayaan ke sektor UMKM. Tahun ini ditargetkan pertumbuhan kredit UMKM mencapai 30 persen.

"Tahun ini kami berupaya menggenjot angka pertumbuhan hingga mencapai 30 persen," ujar Lucky saat makan malam bersama para pejabat perbankan di Jabar di Kantor BI Bandung, Jalan Braga, Rabu malam (26/1/2011). Hadir pula Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Menurutnya perbankan Jabar pada 2010 memiliki kinerja yang cukup baik, kredit tumbuh sebesar 27 persen lebih tinggi dari nasional yang sebesar 22,8 persen. Itu berarti, kata dia, angka LDR (Loan to Deposit Ratio) perbankan di Jabar mencapai 75 persen. Hal tersebut menandakan bahwa perbankan memberikan
sumbangan yang signifikan dalam keseluruhan pembiayaan pembangunan.

"Peran perbankan dalam perekonomian melalui penyaluran kredit juga tetap disertai dengan tingkat kehati-hatian, sebagaimana ditunjukkan dengan NPL (Non
Performing Loans-red) yang relatif stabil pada level 3,6 persen," ujarnya dalam rilis yang diterima detikbandung, Kamis (27/1/2011).

Ke depan, lanjutnya, BI Bandung dan Pemprov Jabar tengah menjajaki pembentukan Lembaga Penjaminan Kredit Daerah (LPKD) sehingga dapat mengatasi persoalan sebagian UMKM yang kekurangan kolateral atau agunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar