Kamis, 10 Februari 2011

Siang Ini, Merek Susu Berbakteri Diungkap

Siang Ini, Merek Susu Berbakteri Diungkap
Susu dengan berbagai merek ini terkontaminasi Enterobacter sakazakii.

Ita Lismawati F. Malau
Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih (ANTARA/Andika Wahyu)

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih akan mengumumkan merek susu formula berbakteri di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Rencananya jam 11 siang nanti," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas DepKominfo Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Kamis 10 Februari 2011.

Pada pemberian keterangan publik ini, kata dia, Menkes hanya didampingi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta Institut Pertanian Bogor (IPB). "Menteri Kominfo (Tifatul Sembiring) tidak ikut. Dia hanya menyambut saja," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah diperintahkan Mahkamah Agung (MA)  mengumumkan hasil penelitian yang dilakukan IPB mengenai sejumlah merek susu bayi yang terkontaminasi Enterobacter sakazakii.

Perintah MA ini memenangkan gugatan yang diajukan ayah dua anak, David ML Tobing. Dalam putusan kasasi itu, MA menjabarkan sedikit hasil penelitian. Racun dari bakteri Enterobacter sakazakii menyebabkan enteritis (radang usus), sepsis (keracunan yg disebabkan oleh hasil proses pembusukan), dan meningitis (peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang).
Dalam kasus ini, Menkes sudah menjelaskan bahwa susu tersebut aman dikonsumsi selama diaduk menggunakan air dengan suhu lebih dari 70 cerajat Celcius. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar