Kamis, 10 Februari 2011

Benarkah Cokelat Lebih Menyehatkan dari Buah

Benarkah Cokelat Lebih Menyehatkan dari Buah
Pakar: cokelat mengandung flavanoid dan polifenol lebih tinggi dibandingkan jus buah.

Cokelat (inmagine)

VIVAnews - Cokelat seringkali dijadikan 'obat' untuk mengusir stres dan meningkatkan mood. Tak hanya lezat, camilan asal Amerika Selatan ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Peneliti di Pusat kesehatan dan Gizi Hershey menyatakan cokelat pantas menyandang predikat 'buah super'. Dari studi di labolatorium, diketahui cokelat memiliki banyak antioksidan.

Tingkat polyphenol dan flavanoid dalam satu gram bubuk kakao lebih banyak dibandingkan buah-buahan yang digunakan untuk membuat jus.

Pakar menemukan biji kakao, buah asal cokelat memiliki nutrisi luar biasa dengan kandungan makronutrien, seperti dikutip dari medindia.net.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Kimia menunjukkan bahwa cokelat pekat (dark chocolate) dan cokelat bubuk mengandung flavanoid dan polifenol lebih tinggi daripada jus buah.

Antioksidan ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur, stroberi dan buah delima, beberapa jenis jus, cokelat pekat, teh hijau dan anggur merah. Antioksidan adalah senyawa yang akan melawan radikal bebas perusak sel. Bila tubuh kekurangan antioksidan, dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Namun, pakar lain menilai frasa 'buah super' tidak benar dan hanya diciptakan produsen sebagai bagian pemasaran. Sebab, tidak ada satu jenis makanan pun yang memiliki semua nutrisi penting.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar