Minggu, 06 Februari 2011

Dada: Green Technology Pilihan Nyata Untuk Melestarikan Lingkungan

Dada: Green Technology Pilihan Nyata Untuk Melestarikan Lingkungan
Avitia Nurmatari - detikBandung



Bandung - Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan pada era globalisasi manusia sangat tergantung dengan teknologi padahal di lain pihak perkembangan tenologi membawa dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu hal yang dapat mengantisipasinya adalah dengan mengembangkan green technology.

"Pengembangan green technology atau teknologi ramah lingkungan merupakan pilihan yang sangat realistis terutama dengan mengurangi produksi gas buang dan mengantisipasi menyusutnya persediaan energi fosil yang secara nyata berdampak terhadap pemanasan global dan perubahan iklim," ujar rilis yang diterima detikbandung, Minggu (6/2/2011).

Kegiatan M-Fest 2011 diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Bandung mulai 4-6 Februari 2011 ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan para pengusaha dengan tujuan membuka wawasan masyarakat Indonesia dan menularkan semangat untuk menjaga lingkungan serta membentuk keharmonisan antara perkembangan teknologi dengan lingkungan.

Ditempat yang sama Rektor ITB, Prof Dr Akhmaloka, mengatakan dengan green tehnologi pihaknya berusaha menularkan semangat untuk menjaga lingkungan kepada masyarakat.

"ITB terus berusaha mengembanhkan teknologi ramah lingkungan serta saya sangat mengapresiasi usaha Pemerintah Kota Bandung menjaga lingkungan dengan adanya Car Fee Day, Cikapundung Bersih dan penanaman pohon setiap hari,"ujarnya.

Lebih lanjut Ahmaloka memaparkan, harus segera dicari solusi cerdas yang dapat menjawab tantangan ini, yaitu solusi yang tetap dapat mengembangkan teknologi tanpa merusak lingkungan. "Green Technology adalah solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan ini," paparnya.

Untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan terutama yang disebabkan asap kendaraan bermotor, Yayasan Astra Honda Motor diwakili Benjamin Kumala menyerahkan 1000 pohon kepada Pemkot Bandung.

"Asap kendaraan bermotor membawa sebaigian besar dampak yang buruk terhadap lingkungan, terutama kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik atau yang di rubah-rubah," ujarnya.

Rangkaian acara M-Fest 2011 dilangsungkan 4,5,6 Februari 2011 terdiri dari New Engine Tune Up, National Innovation Contest, Phytagorean Device Performance, Opening and Closing Celebration, seminar eco driving dan uji emisi gratis.

(avi/avi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar