Kamis, 10 Februari 2011

Agar Anak Mau Konsumsi Makanan sehat

Agar Anak Mau Konsumsi Makanan sehat
Cobalah lebih kreatif menciptakan menu mengundang selera si kecil.

Siswanto, Lutfi Dwi Puji Astuti
Semangkuk sup (www.ecurry.com)

VIVAnews – Menghidangkan makanan untuk anak-anak tak seperti ketika menyajikan makanan untuk orang dewasa. Sebab, si kecil suka pilih-pilih sehingga ini menjadi tantangan bagi ibu untuk lebih kreatif menciptakan menu mengundang selera.

Tapi, tenang saja, tantangan ini tidak terlalu berat bagi Anda. Soalnya, banyak sekali tips untuk menciptakan makanan bergizi sekaligus menarik selera si kecil untuk menikmatinya.

Dikutip dari laman Idiva, menyajikan makanan untuk anak-anak alangkah baiknya dalam bentuk sup. Misalnya sup sayur. Mengapa? Mengolah sayuran dalam sup jauh lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng atau mengolah hidangan bersantan.

Menurut ahli gizi di Mumbai, Setalvad Naini, bahan makanan yang diolah dengan cara di sup, asupan nutrisinya akan tetap terjaga. Masakan sup, katanya, juga rendah kalori.
"Sup sayuran juga kaya akan serat yang dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti keasaman dan sembelit. Sup sayuran juga dapat meningkatkan penyerapan lebih baik dari nutrisi dalam tubuh."

Naini menyarankan sebaiknya Anda membuat sup sendiri di rumah. Ini memungkinkan untuk menghindari lemak sodium dan pengawet tambahan. Seperti diketahui, kelebihan lemak sodium bisa menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan anak-anak.

Saat membuat sup, lebih baik tambahkan bayam, kentang, seledri, bawang, wortel, dan jenis sayuran lainnya agar nutrisinya makin optimal.

Perlu Anda tahu, sup kaya akan antioksidan. "Mereka akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas," kata Naini.  Ini juga akan melindungi anak Anda dari kerusakan karena faktor eksternal lain seperti asap, polusi, dan sinar UV.

Menyajikan makanan dengan cara di sup juga merupakan cara yang baik untuk memastikan anak Anda mendapatkan dosis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

"Cobalah sup labu karena merupakan sumber yang baik kalsium, besi dan magnesium dan sup bayam untuk vitamin A, E, C, dan zat besi. Tak tanggung-tanggung, semangkuk sup juga dapat menenangkan saraf," kata Naini.

Tak hanya itu, masih banyak lasan lain untuk memasukkan sup dalam diet anak Anda, antara lain:

Pertama, sup merupakan makanan mengandung banyak serat, sehingga membuat makanan ini mudah dicerna. Hal ini juga mengikat racun dan membantu sistem kami untuk menghilangkannya.

Kedua, sup memastikan bahwa perut si kecil Anda tetap kenyang lebih lama sehingga dia tidak tergiur untuk makan junk food yang tidak sehat.

Ketiga, sup juga berkontribusi terhadap asupan cairan harian Anda. Air di sup bisa naik 50 persen dari asupan cairan Anda sehari-hari. Jadi, sup mencegah dehidrasi, kejang otot, dan kelelahan.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar